>

2010-07-29

Bagaimana Mempromosikan Blog dengan Mudah

Pengunjung yang datang ke blog tidak datang begitu saja. Kitalah sebagai pemilik blog yang harus berjuang menarik pengunjung tersebut. Tidak hanya dengan postingan yang menarik tetapi dengan teknik promosi yang baik pula. Untuk blogger yang sudah berpengalaman, memang tidak sulit, tetapi untuk blogger awam seperti saya sudah pasti sulit. Oleh karena itu mari kita bahas bersama-sama.

1. Blogwalking
Bagi blog yang baru lahir, blogwalking sambil meninggalkan jejak ini benar-benar penting. Karena pengunjung yang datang seringkali merupakan blogger lain atau pengunjung dari blog yang kita kunjungi tersebut (pas baca lagi kalimat ini agak aneh. Hehe). Kita bisa meninggalkan jejak dengan berkomentar pada salah satu postingan atau di shoutboxnya.

Tips: Satu hal yang perlu diingat saat berkomentar adalah menulis komentar yang sesuai topik, tulislah komentar yang smart sehingga pengunjung lain akan melihat komentar kita.

2. Link atau Banner Exchange
Sambil blogwalking kita bisa mengajak pemilik blog untuk bertukar link atau banner. Biasanya link exchange lebih diminati dibanding banner. Tukeran link sudah diakui memang sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung.

Tips: Pas minta tukeran link, ingat menggunakan bahasa yang sopan. Kalau bisa pasang link nya duluan supaya yang diajak lebih tertarik.

3. Forum/E-Mail Signature
Bergabunglah dalam forum besar yang mensuport signature. Di signature, kita pasang link menuju blog. Begitu pula halnya dengan E-Mail, bergabunglah dengan Mailing List

Tips: Jangan hanya mencantumkan link saja, tetapi sertai kata-kata yang mengundang. Jangan melakukan spam

4. Gunakan Social Bookmarking
Kalau blog kamu berbahasa Indonesia bisa dicoba di lintasberita.com atau infogue.com, sementara blog berbahasa Inggris digg.com atau del.icio.us

Tips: Lakukan bookmarking pada jam-jam sibuk berinternet misalnya siang hari

5. Jejaring Sosial (Social Networking)
Facebook, Twitter. Siapa sih yang nggak kenal. Gunakan social networking tersebut untuk mempromosikan blog. Facebook menyediakan jasa tersendiri untuk ini, dengan Facebook Pages. Setelah membuat page nya, perkenalkan kepada teman-teman anda.

Tips: Yuk mampir ke page nya DobelKlik di Facebook

6. Berbagi File dan Alamat Blog dengan Meng-upload
Bergabunglah dalam forum dan penuhi request dari member disana. Setiap kali akan meng-upload file, ubah filename dengan format "namafile-url blog". Dengan ini setiap file anda di download url anda akan dilihat. Atau, lebih ampuh lagi dengan mengkompres filenya dan menggunakan alamat blog sebagai passwordnya.

Tips: Yang paling diminati biasanya MP3 dan Software. Bisa juga coba e-book.

7. Promosi Offline dengan Stiker
Sekarang ini sangat mudah sekali membuat stiker, kenapa tidak kita manfaatkan untuk mempromosikan website. Tempel di kendaraan, buku, dll.

Tips: Buat desain yang menarik dan kata-kata yang menarik. Jangan lupa mencantumkan alamat website.

Sekian cara mempromosikan blog dari saya. Jangan ragu-ragu untuk menambahkan dan mengkoreksi..

4 komentar:

haridiva mengatakan...

Sudah lama saya tidak membaca tulisan seperti ini, jadi de' javu juga :D.

haridiva mengatakan...

Sudah lama saya tidak membaca tulisan seperti ini, jadi de' javu juga :D.

Dobel Klik mengatakan...

TEsting

Anonim mengatakan...

http://www.youtube.com/watch?v=dGCi8T7KPlM